November 29, 2020
AC mobil tidak dingin

Freon Mempengaruhi AC Mobil Tidak Dingin

Ada banyak hal loh yang bisa membuat AC mobil tidak dingin, entah itu bermula pada kompresornya atau pun pada freonnya secara langsung. Namun jika masalah tersebut terletak pada freon, kamu pun harus memeriksanya lagi apakah terdapat kebocoran freon atau masalahnya terdapat pada jenis freon yang salah.

Berada pada mobil yang AC nya kurang dingin atau bahkan tidak dingin akan sangat menjengkelkan. Apalagi jika kamu terjebak di lalu lintas yang padat dan cuaca di luar lagi panas panasnya. Hal tersebut akan memancing emosi para penumpang di dalamnya. Makanya kenapa mengecek atau memeriksa sistem permesinan pada mobil sebelum pergi kemana-mana adalah hal yang wajib.

Ada banyak hal loh yang bisa membuat AC mobil tidak dingin, entah itu bermula pada kompresornya atau pun pada freonnya secara langsung. Namun jika masalah tersebut terletak pada freon, kamu pun harus memeriksanya lagi apakah terdapat kebocoran freon atau masalahnya terdapat pada jenis freon yang salah. Jika kamu kesulitan menentukannya kamu lebih baik membawanya ke service AC mobil yang terdekat. Nah berikut ini bisa kamu jadikan bahan referensi terkait tips jenis freon apa yang bagus untuk mobil pribadi kamu.

Tips Memilih Jenis Freon Mobil

Jika ternyata yang terindikasi bermasalah adalah freon kamu harus melakukan identifikasi lebih lanjut yaa. Karena biasanya freon bermasalah itu karena pemilihan jenis freon yang di pakai dan adanya selang karet yang bocor, sehingga akibat yang kamu rasakan adalah AC yang tidak dingin.

1. Mengecek Dengan Refrigant Gas Analyzer

Saat freon terindikasi bermasalah lebih baik kamu langsung membawanya ke service AC mobil. Disana freon pada mobilmu akan diidentifikasi jenisnya yang sedang dipakai dan apa yang lebih cocok dipakai untuk mobilmu. Biasanya yang di rekomendasikan alat ini adalah jenis freon yang dipakai oleh pabriknya.

2. Mengenal R134a Dan R12

Freon yang bisa kamu temui di pasaran biasanya adalah R134a Dan R12. Nah apa bedanya? Bedanya kalau R134a, jenis ini bisa kamu temukan di mobil yang pabrikannya tahun 1994 ke atas. Kemudian untuk yang R12, freon ini biasanya digunakan untuk pabrikan di bawah tahun 1994. Kalau kamu salah menggunakan jenis freon maka hawa dingin yang di keluarkan oleh sistem pendingin mobilmu tidak akan maksimal atau AC mobil jadinya kurang dingin atau tidak dingin sama sekali.

3. Segera Pergi Ke Service AC Mobil

Jika kamu sudah tau kalau mobil yang kamu kendarai bermasalah, maka yang harus kamu lakukan adalah segera membawanya ke service AC mobil. Kenapa? Misalnya freon yang bermasalah, maka kalau tidak segera kamu benahi, masalah ini akan merambat pada selang karet AC yang pada akhirnya mengalami kebocoran. Sebenarnya mudah memeriksa bocor atau tidak selang AC tersebut yaitu dengan memberikan tekanan pada selang tersebut. Tandanya adalah lembeknya selang, maka itu bisa saja sedang bocor.

4. Melakukan Pemeriksaan Oli Kompresor

Oli yang digunakan pada kompresor juga berpengaruh loh terhadap jenis freon yang digunakan. Ini mengartikan bahwa oli kompresor beserta freon harus nyambung jenisnya. Dimana kalau kamu menggunakan oli yang jelek maka akan mempengaruhi kondisi freon juga. Untuk R134a bisa menggunakan jenis oli keluaran Nippon Denso ND-Oil 8 atau bisa juga kamu menggunakan Emkarate RL 68S. Kalau R12 yang kamu gunakan sebagai freon kamu bisa menggunakan oli Suniso dengan tipe 5 GS.

Kesimpulan

AC mobil tidak dingin salah satunya karena pemilihan atau pemakaian jenis freon yang salah. Dan jika kamu salah memilih freon, maka akan berimbas ke sistem permesinan yang lain jika kamu gak segera pergi ke service AC mobil. Kamu bisa mencari faktor lain yang menjadikan AC mobil tidak dingin, jangan sampai kamu membiarkannya dan akhirnya mobilmu rusak parah.

Black Friday Promo Hosting Unlimited Indonesia