Mei 8, 2021
iPhone 8+

Taukah kamu, iPhone 8 Plus dirancang untuk mengurangi dampak ke lingkungan?

Taukah kamu, iPhone 8+ dirancang untuk mengurangi dampak ke lingkungan?

Dibalik keunggulan fitur iPhone 8+ yang ditawarkan, ponsel ini juga diluncurkan dengan pertimbangan material yang lebih ramah lingkungan. Apakah anda pernah meninjau lebih lanjut terkait dampak ponsel yang anda gunakan ke lingkungan? Secara manusia jaman sekarang tidak dapat lepas dari penggunaan gadget yang mungkin juga tidak hanya satu atau bahkan selalu update untuk membeli seri terbaru dari ponsel yang digunakannya.

Apple memiliki informasi cukup lengkap dan transparan tentang CO2e, emisi, material, dan penggunaan listrik setiap produk baru dan lama di situs webnya sehingga pembeli bisa membuat keputusan matang mengenai produk yang hendak dibeli. Nah, kali ini artikel akan memberikan sedikit wawasan juga untuk temen-temen terkait material ponsel iPhone 8+ yang kita gunakan dan dampaknya terhadap lingkungan.

iPhone 8+ didesain dengan fitur-fitur untuk mengurangi dampak lingkungan

Sebagai informasi Operating ambient temperature yang dihasilkan iPhone 8 plus adalah 32° to 95° F (0° to 35° C) dengan Non-operating temperature: -4° to 113° F (-20° to 45° C) serta Relative humidity: 5% to 95% noncondensing, dan Operating altitude: Tested up to 10,000 feet (3000 m).

  • Arsenic-free display glass

Apple memiliki standar penggunaan layar kaca bebas arsenik yang merupakan material ramah lingkungan pada layar. Material tersebut tergolong sangat kuat namun masih memungkinkan untuk dihancurkan. Arsenik merupakan zat beracun yang akan memberikan pengaruh yang cukup besar dalam hal kesehatan. Seseorang yang terpapar atau keracunan arsenik dalam jumlah rendah akan memiliki gejala efek samping seperti diare, dehidrasi, dll. Dalam jumlah sedang dan dalam jangka waktu yang lama juga mengakibatkan komplikasi seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker. Terutama ibu hamil yang apabila keracunan arsenik akan berisiko kehilangan bayi yang dikandung atau terlahir dengan cacat.

  • Mercury-free LED-backlit display

Produk-produk apple memiliki standar penggunaan material produk yang sangat tinggi, spesifikasi zat yang diatur apabila diidentifikasi mengandung bahan kimia yang beracun akan dibatasi dalam proses pembuatannya. Produk iPhone 8 plus salah satunya, bagian LED bebas zat kimia berbahaya merkuri.

  • Brominated flame reardant-free

Produk iPhone 8 plus tidak mengandung senyawa organobromin yang dapat menghambat pembakaran zat kimia da mengurangi sifat flamable produk yang memiliki kandungan senyawa tersebut. Polybrominated diphenyl ethers (PBDEs) salah satu bahan yang umum digunakan namun dapat mengganggu sistem hormon dalam perkembangan dan pertumbuhan seksual. Berdasarkan undang-undang Eropa tentang air, jenis tersebut telah dibatasi ketat dibawah hukum Uni Eropa dan telah didaftarkan sebagai zat berbahaya yang diprioritaskan untuk dieliminasi.

  • PVC-free

Produk apple yang terbaru, salah satunya iPhone 8 plus, menggunakan kabel non-PVC. Seperti yang kita tahu, plastik merupakan salah satu sumber pencemar lingkungan terbesar di dunia, berdasarkan laporan “plastic and climate” (2019) yang menunjukkan penambahan data sebanyak 850 juta ton CO2 di atmosfer berasal dari pembakaran plastik. Salah satu jenis plastik yang paling berbahaya adalah PVC atau polyvinyl chloride dan menjadi salah satu bahan yang paling sulit di daur ulang. Menurut laporan Greenpeace Amerika Serikat, siklus hidup PVC juga berdampak pada keluarnya senyawa kimia beracun berma dioksin (limbah hasil dari pembakaran). Dioksin ini lah yang mencemari lingkungan dan dalam jangka pendek akan menyebabkan penggelapan kulit secara tidak merata, dan juga kerusakan sistem kekebalan tubuh, sistem saraf, endokrin, hingga fungsi reproduksi dalam jangka panjang. Tentunya akan lebih parah apabila seseorang terpapar dalam jumlah yang tinggi, menyebabkan risiko terkena kanker. Oleh karenanya, produk apple terbaru akan lebih ramah lingkungan karena bebas mengandung PVC.

  • Beryllium-free

Beryllium copper alloys yang biasa digunakan dalam proses manufaktur cetakan/ moulding telah dinyatakan mengandung toxyd. Sehingga produsen apple menjadi salah satu yang menggunakan pengganti beryllium dalam adonan copper alloy, yaitu berillium free copper alloy yang secara properties menyerupai beryllium.

  • Highly recyclable aluminum

Mengutamakan konsumen dan keselamatan lingkungan, iPhone 8+ sebagai salah satu luncuran baru apple menggunakan bahan aluminum yang dapat didaur ulang, tentunya akan menurunkan dampak karbon di lingkungan.

Saat ini, semua produk Apple berstatus EPEAT Gold dan memenuhi syarat Energy Star terbaru. Apple telah diakui Greenpeace sebagai produsen elektronik yang ramah lingkungan. Sebagai konsumen yang cerdas, tentunya hal-hal tersebut juga akan menjadi pertimbangan anda dalam meilih produk bukan? Sebagai upaya penyelamatan lingkungan maupun kesehatan diri sendiri dan keluarga. Bersama iPhone 8+ dan produk ori apple lainnya, anda akan memiliki produk ponsel yang ramah lingkungan.

Black Friday Promo Hosting Unlimited Indonesia